Mengecilnya Ruang Pertemanan

Sendiri tanpa kawan

Jadi, ada berapa banyak 'teman'-mu? 

Diumur gue yang mau nginjek angka 18 tahun. Gue baru banget lulus SMA dan pastinya diumur segitu mungkin sebagian orang atau mereka yang disebut remaja bakal ngehabisin waktu mereka buat hangout bareng temen-temennya. Tapi justru saat ini gue ngerasa kalau circle pertemanan gue mengecil.

Baca Juga : Kecewa  Salah Siapa? 

Mungkin usia gue belum dewasa, tapi anehnya kenapa gue udah mikir kaya gini?!. Yah, gue juga bingung sama otak dan diri gue sendiri, kok gue udah ngerasain kalau circle pertemanan gue mulai mengecil?

Emang sih, gue sering banget denger cerita orang-orang yang ngerasain hal ini juga. Tapi rata-rata umur mereka itu diatas 20 tahun ke atas. Tentunya mereka lebih punya banyak pengalaman dibandingkan gue.

Apa cuma gue doang yang ngerasain hal ini? Semoga aja sih gue punya temen yang ngerasain hal yang sama. Hehehe... nggak bermaksud juga sih, cuma berharap doang.

Kenapa gue bisa mikir kaya gitu? Karena gue udah ngeliat selama tiga tahun ini dan lagi yang ngebuat gue ngerasain banget kalau circle pertemanan gue mengecil yaitu selama tiga bulan belakangan ini.

Coba deh inget lagi, berapa banyak temen SD lo? Dan berapa banyak dari mereka yang sampai detik ini masih ngobrol dengan nyaman sama lo? Atau mungkin justru lo sendiri yang lupa siapa aja di antara mereka?

Friends
(Source : @hizam_a2) 

Baca Juga : Cewek Tidak Berakhir di Dapur! 

Oke, mungkin lo lupa sama temen SD lo. Kalau begitu, berapa banyak temen SMP lo? Dan berapa banyak juga dari mereka yang masih suka ngechat lo sampai detik ini? Apa mungkin lo juga lupa siapa mereka? Wah! Jangan kaya gitu yah.

Gue yakin sih, pasti temen SD atau SMP lo tuh banyak, sampai-sampai nggak bisa dihitung pake jari. Tapi sekarang, lo bisa ngitung jumlah mereka yang masih ngehubungi lo sampai saat ini. Atau lo tetep nggak bisa ngitung jumlah mereka yang ada saat ini? Karena nggak ada satu pun dari mereka yang ngehubungi lo sama sekali. Semoga aja enggak yah.

Dan sekarang, gue baru aja lulus SMA. Temen-temen gue lagi sibuk-sibuknya ngurusin mau lanjut kuliah dimana. Ada yang udah dapet kuliah di universitas ternama, ada yang dapet jurusan-jurusan yang menurut gue itu keren, ada juga yang dapet di tempat yang justru mereka nggak suka sama sekali, dan juga ada yang masih terus berjuang sampai detik ini.

Yah,  gue yakin kalau jalan buat suksesnya seseorang itu beda-beda dan Tuhan udah nyiapin itu semua. Standar sukses seseorang juga beda-beda, gue cuma berharap semoga kita semua happy sama yang kita lakuin dan mencapai sukses menurut diri kita masing-masing.

Stop! Ini melenceng dari pembahasan awal. Disini gue nggak ngebahas tips-tips sukses atau ngasih saran mau lanjut kuliah kemana (karena emang gue enggak punya semua itu).

Saat ini kita semua mungkin lagi sibuk-sibuknya. Gue seketika inget temen-temen gue selama tiga tahun di SMA. Dulu, ngobrol sama mereka yah tinggal ngobrol, jalan sama mereka yah tinggal jalan.

Tapi sekarang, buat mulai suatu obrolan aja tuh bingung mau ngobrolin apa. Apa lagi ngajak jalan mereka yang justru kita takut ganggu waktu mereka.

Ini yang baru nggak ketemu tiga bulan aja rasanya secanggung itu, gimana sama temen SD atau SMP yang mungkin cuma ketemu setahun sekali buat reunian, itu pun kalau dateng atau mungkin nggak ada tuh acara reuni.

Mungkin bukan gue doang yang mikir gitu. Atau mungkin justru kalian juga takut buat ngehubungi gue? Takut gue sibuk? Takut ganggu waktu gue? Yaelah, sesibuk-sibuknya gue, gue bakal nyempetin waktu gue kok kalau lo butuh.

Baca Juga : Semoga Kita Kembali Dipersatukan 

Yah, nggak papa kalau lo dateng pas ada butuhnya doang. Setidaknya gue bisa jadi temen yang berfaedah (Eh.. Kaya artikel kemarin : Selamat Datang Teman Musiman). Karena menurut gue sebaik-baiknya manusia, yah manusia yang bermanfaat buat lingkungannya.

Jadi setelah baca ini, apa kalian juga ngerasain yang gue rasain? Kalau memang circle pertemanan kita mengecil. Mungkin beberapa dari kalian belum ngerasain itu.

Tapi suatu saat nanti kalian bakal ngerasain kok. Bukan nakutin nih, tapi memang justru kita yang bakal ngebuat circle pertemanan kita sendiri mengecil.

Dan alhasil dari sekian banyak penduduk bumi yang dateng di hidup kita, hanya segelintir orang yang jadi temen kita saat ini.

-Kara-

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Mengecilnya Ruang Pertemanan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel