Cewek Tidak Berakhir di Dapur!

Muslimah school

Wanita berpendidikan tinggi bukan untuk menyaingi laki-laki.
Mungkin telingamu sudah tidak asing lagi mendengar istilah “wanita berpendidikan.” Kita sama-sama tahu bahwa banyak sekali pendapat pro dan kontra tentang wanita berpendidikan tinggi.

Baca Juga : Semoga Kita Kembali Dipersatukan 

Salah satu pendapat yang terkenal tentang wanita berpendidikan adalah, “untuk apa kamu sekolah tinggi-tinggi kalau pada akhirnya bekerja di dapur? Mengurus anak?”

Barangkali kamu pun setuju dengan pendapat itu, karena yah benar, untuk apa sekolah tinggi jika ilmunya tidak dipakai di dunia kerja? Membuang-buang waktu, tenaga, dan biaya. Atau mungkin kamu tidak menyetujuinya? Jika tidak setuju, berarti kita tos! Hehehe.

Pendapat itu menunjukkan bahwa kodrat wanita itu adalah di dapur, jadi percuma juga jika wanita itu sekolah sampai bertahun-tahun lamanya atau bahkan sampai magister, toh ilmu yang mereka dapatkan tidak akan berguna.

Jika kamu menyetujui pendapat itu dengan alasan yang saya jelaskan, barangkali kamu lupa bahwa wanita adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya. Bagaimana anak-anaknya akan pintar jika ibunya tidak berpendidikan?

Maaf, bukan bermaksud untuk menyindir atau menyudutkan wanita yang tidak berpendidikan, saya hanya ingin fokus pada pendapat di atas. Sekali lagi saya minta maaf jika ada hati yang tersakiti.

Tidak sedikit juga dari kita yang berpikiran bahwa sekolah itu jalan untuk mencari kerja atau tujuan sekolah adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak. Padahal sekolah itu tidak melulu tentang ilmu dalam kurikulum pendidikan.

Baca Juga : Setidaknya Kemarin Kita Pernah Bersama 

Sekolah lebih dari itu, banyak hal yang bisa kita pelajari saat mengeyam pendidikan, antara lain: belajar untuk berkomunikasi dengan baik, belajar untuk jadi pendengar yang baik, belajar untuk berpendapat, belajar memecahkan masalah, belajar saling menghargai, belajar mengatur waktu, dan masih banyak hal yang bisa kita pelajari selama sekolah.

Bukankah itu semua adalah pelajaran yang sangat bermanfaat sepanjang hidup?

Kita tidak mungkin kan berhenti untuk bersosialisasi?

“Wanita berpendidikan tinggi bukan untuk menyaingi laki-laki.”

Seperti yang kita tahu bahwa banyak laki-laki yang merasa tidak percaya diri saat ingin melamar atau menikahi wanita hanya karena pendidikan wanita itu lebih tinggi dari dia.
Muslimah with Quran

Padahal seharusnya pendidikan wanita bukan hal yang harus dipermasalahkan, toh baik wanita ataupun pria mempunyai tugas masing-masing yang tidak bisa digantikan.

Dan bukankah lebih menyenangkan jika mendapatkan wanita berpendidikan? Bisa memudahkan laki-laki dalam berkomunikasi atau menyelesaikan masalah nanti?

Baca Juga : Curhatnya Sama Gue  Jadiannya Sama yang Lain 

Jadi, jangan ragu untuk menjadi wanita berpendidikan, jangan ragu untuk mengejar cita-cita setinggi apapun, jangan ragu untuk bersekolah tinggi, walaupun nanti ujungnya akan menjadi ibu rumah tangga.

Jangan malas-malas untuk mempelajari banyak hal, karena nanti anak-anakmu berhak terlahir dari ibu yang cerdas. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Cewek Tidak Berakhir di Dapur! "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel