Uban Usia Muda, Begini Penjelasannya


Uban biasanya dianggap sebagai penanda bahwa seseorang sudah tua. Namun ada juga remaja yang telah memiliki uban sebelum memasuki usia tuanya. Apakah ini termasuk hal yang normal? Atau justru ada gangguan penyakit yang tidak disadari?
Rambut beruban
(gambar : Ezekieldiet.com) 

Rambut muncul dari folikel rambut, yaitu semacam kantung kecil yang berada di permukaan kulit. Folikel ini mengandung pigmen melanin yang bertanggung jawab atas warna rambut.

Seiring bertambahnya usia, pigmen melanin ini akan memudar yang menyebabkan rambut kehilangan warnanya dan menjadi uban.

Ada beberapa penyebab mengapa seseorang memiliki uban di usia muda. Berikut penyebab-penyebabnya.

1. Faktor genetik
Ada sebuah studi yang menyebutkan bahwa kemunculan uban terkait dengan faktor genetik. Jika anggota keluarga memiliki uban prematur, maka kita memiliki kemungkinan besar untuk mengalami hal yang sama. 

Selain itu, terdapat perbedaan usia kemunculan uban prematur pada tiap etnis, seperti pada etnis Kaukasian uban muncul pada usia sekitar 20 tahun, Asia 25 tahun, dan Afrika 30 tahun.

2. Stres
Kita tahu bahwa stres memiliki dampak yang besar bagi kehidupan seseorang, begitu halnya dengan kemunculan uban di usia remaja, stres pun menjadi salah satu faktor penyebabnya. Dampak akibat stres menyebabkan menurunnya jumlah pigmen pada folikel rambut.

Selain itu, perubahan kondisi tubuh saat berada di bawah tekanan juga dapat menyebabkan oxidative stress, di mana antioksidan tidak sanggup melawan efek radikal bebas yang merusak sel tubuh, sehingga kesehatan jadi terganggu dan penuaan terjadi lebih cepat.

3. Kekurangan vitamin
Uban prematur juga dapat muncul karena tubuh kekurangan vitamin. Ketika seseorang mengalami defisiensi (kekurangan) vitamin khususnya vitamin B6, B7, B12, D, dan E, maka akibatnya muncul uban prematur pada kulit kepala.

Sebuah studi menyarankan, seseorang yang memiliki uban di usia muda hendaknya mengonsumsi vitamin D dan B12 (kerang,kepiting, sarden, daging sapi, dan susu), serta mineral tembaga karena elemen tersebut memiliki kaitan kuat terhadap pigmen rambut. Peningkatan asupan nutrisi dan mineral dapat mengembalikan warna rambut yang memudar.

4. Kebiasaan merokok
Salah satu studi menunjukkan bahwa perokok aktif memiliki risiko 2,5 kali lebih besar dibanding non perokok untuk memiliki uban di usia 30 tahun. Selain itu, rokok juga dapat memicu perubahan kondisi tubuh yang mirip dengan gejalan stres, sehingga menyebabkan oxidative stress yang diketahui dapat mengurangi produksi pigmen di folikel rambut.

5. Menopause dini
Menopause adalah fase berhentinya menstruasi yang terjadi pada wanita. Umumnya menopause terjadi saat usia sekitar 50 tahun ke atas, tetapi apabila menopause terjadi pada usia dini, akan menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang membuat rambut beruban pada usia dini juga. Ini disebabkan produksi melanin yang menurun sehingga mengakibatkan rambut beruban.

6. Mengonsumsi makanan cepat saji
Selain gizi yang kurang, makanan cepat saji juga bersifat karsinogenik serta bersifat racun, zat racun karsinogenik ini dapat menghambat produksi melanin rambut. Sebaiknya hindari makanan cepat saji untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

7. Penyakit khusus
Disamping beberapa faktor di atas, terdapat juga kondisi khusus yang menyebabkan seseorang memiliki uban di usia muda. Seperti kelainan hormon tiroid, contohnya hyperthyroidism, di mana kelenjar tiroid terlalu aktif dan berjumlah banyak sehingga menurunkan produksi melanin.

Selain itu, ada juga penyakit lain seperti alopecia areata, penyakit autoimun yang mengakibatkan rontoknya rambut. Atau vitilago, yang memicu hilangnya pigmen melanin.

Nah sekarang sudah tahu kan penyebab-penyebab mengapa ada uban di usia muda, sekarang tinggal melakukan pencegahan yang dapat dilakukan. Kalau faktor genetik dan usia yang semakin tua memang tidak dapat dihindari, tetapi kalau uban muncul karena faktor gaya hidup, Anda masih bisa mengubahnya. 

Konsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan, seperti sayur dan buah, teh, ikan untuk mengurangi stres, sehingga folikel rambut mampu bertahan dari kerusakan akibat radikal bebas dan kembali memproduksi pigmen secara normal. Konsumsi makanan yang dibutuhkan untuk produksi pigmen melanin. Kelola diri Anda agar tidak stres dan tentunya hindari merokok.

Sumber : www.kompas.com , www.idntimes.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Uban Usia Muda, Begini Penjelasannya"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel