Sering Keliru, Inilah 5+1 Mitos Seputar Kolesterol , Ada yang Kamu Percaya?

Gambar level kolesterol pencegahan kolesterol


Beragam gangguan kesehatan dapat muncul diakibatkan kolesterol, hingga kematian sekalipun.

Kadar kolesterol tinggi dalam darah dapat meyebabkan penyakit kardiovaskuler, seperti hipertensi, stroke, bahkan serangan jantung.

Namun sayangnya, masih banyak kesalahpahaman yang beredar di masyarakat terkait kolesterol.

Apa saja?

Berikut kita bahas mitos-mitos apa saja yang terkait dengan kolesterol.


1. Kolesterol bukan ancaman bagi anak-anak

Ini anggapan yang keliru. Risiko kolesterol dapat mengancam anak-anak terutama dari faktor genetik dengan keluarga yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskuler.

Kondisi ini dikenal dengan istilah familial hipercholesterolemia.

Bila tidak teridentifikasi dan ditangani dengan cepat, maka akan mengancam kesehatan anak dalam jangka panjang.

Riwayat penyakit lain yang mesti diantisipasi, yaitu artherosklerosis dan gangguan pada dinding pembuluh darah, serangan jantung dan hipertensi, serta penyakit jantung koroner.

Meski berisiko tinggi, namun bukan berarti anak dengan riwayat keluarga seperti tersebut memiliki kolesterol tinggi.

Ada beberapa pencegahan yang dapat dilakukan, seperti olahrga rutin, hindari kebiasaan merokok,menjaga pola makan sehat dan berat badan ideal, serta diagnosis tekanan darah berkala dan melakukan medical check up.


2. Durian tinggi kolesterol

Kenyataannya durian tidak mengandung kolesterol. Sebaliknya durian justru memiliki sifat antilipidemik yang mampu mengontrol kadar kolesterol dan lemak jahat (LDL) dalam darah. Dengan begitu buah ini dapat mengurasi risiko penumpukan plak pada dinding arteri atau istilah yang disebut tadi sebagai artherosklerosis.

Dari sejumlah penelitian, durian memiliki kandungan antioksidan yang dapat menetralkan radikal bebas penyebab kanker.

Menurut Heath Line, durian merupakan buah yang paling kaya akan nutrisi, bukan kaya akan kolesterol, namun buah ini juga mengandung kalori yang tinggi. Maka, akan lebih baik jika mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.


3. Pemeriksaan kolesterol lebih baik dilakukan saat paruh baya

Banyak yang beranggapan bahwa kolesterol tinggi hanya terjadi seiring bertambahnya usia, sehingga anak muda tak perlu khawatir dan bebas mengonsumsi makanan apa saja.

Faktanya, kolesterol tinggi dapat menjangkit siapa pun tanpa melihat usia.

The American Heart Association merekomendasika bahwa setiap orang dewas usia 20 tahun lebih hendaknya memeriksakan kadar kolesterol dan faktor penyakit lainnya, setidaknya selama 4 tahun sekali.


4. Orang kurus aman dari kolesterol 

Meskipun orang yang menderita obesitas berisiko berkolesterol tinggi, namun bukan berarti orang yang kurus aman dari ancaman ini.

Selain tidak memandang usia, kolesterol juga tidak memandang berat badan, sehingga berat badan tidak mencerminkan kadar kolesterol dalam darah.

Orang kurus bisa jadi memiliki proporsi lemak tubuh yang melebihi massa otot mereka.

Biasanya orang kurus tidak memiliki kebiasaan yang baik, misalnya olahraga teratur dan pola makan sehat teratur. Karena itu mereka berpeluang terkena kolesterol tanpa mereka sadari.


5. Kadar kolesterol hanya bergantung pada makanan dan olahraga

Meski memang pola makan sehat dan aktivitas fisik dapat menentukan kadar kolesterol, namun kolesterol juga dipengaruhi faktor lain, bukan hanya makanan dan olahraga saja.

Seperti disebutkan di atas, kolesterol dapat dipengaruhi oleh faktor genetik keluarga yang memiliki riwayat penyakit kardiovaskuler.


6. Aman mengomsumsi makanan bebas kolesterol

Faktanya, kolesterol tinggi dalam darah dapat dipicu oleh tubuh kita sendiri, yakni melalui produksi lemah jenuh yang banyak.

Untuk itu, sebaiknya hindari mengonsumsi banyak makanan dengan lemak jenuh berlebih, seperti gorengan, margarin, makanan berminyak, dan sebagainya agar terhindar dari ancaman kolesterol tinggi.


Itulah mitos-mitos seputar kolesterol yang sering keliru di masyarakat. Dari mitos-mitos tersebut ada yang kamu percaya selama ini?

Banner from pinterest

Artikel ini telah tayang di KOMPAS dengan judul 5 Mitos Soal Kolesterol yang Bikin Salah Paham, Jangan Keliru Lagi dengan sedikit tambahan. 

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Sering Keliru, Inilah 5+1 Mitos Seputar Kolesterol , Ada yang Kamu Percaya?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel