Udah Tahu Apa itu Festival Bakar Tongkang?

Gambar festival bakar Tongkang

Udah Tahu Apa itu Festival Bakar Tongkang?

Festival Bakar Tongkang adalah festival membakar kapal yang diadakan di Provinsi Riau. Lebih tepatnya di Kota Bagansiapi-api, ibu kota Kabupaten Rokan Hilir di Provinsi Riau.

Acara ini merupakan acara memperingati bahwa dulu ada imigran dari Cina yang datang dan menetapkan untuk tinggal di Riau.

Merasa telah menemukan tujuan, mereka memutuskan untuk membakar kapal mereka sebagai simbol bahwa perjalanan telah berakhir, nahh keputusan pembakaran kapal itu sekarang diperingati sebagai Bakar Tongkang.

Bakar Tongkang artinya bakar kapal (kapal terakhir).

Festival ini diadakan setiap hari ke-16 bulan ke-5 menurut kalender Cina. Dikenal juga dengan tradisi Go Gek Cap Lak (Go = 5 .. Cap Lak = 16).

Selama festival ada kegiatan ritual dan doa yang dilakukan oleh peserta di kuil utama.

Lalu prosesi budaya, berbagai atraksi oriental seperti barongsai, panggung hiburan untuk pemain dari Medan, Singkawang, negara tetangga Malaysia, Taiwan, dan Singapura yang membawakan lagu Hokkien.

Ada juga atraksi Tan Ki di mana sejumlah orang menunjukkan kemampuan fisiknya yang luar bisa dengan menusukan benda tajam seperti pisau dan tombak ke badannya, namun tidak terluka sama sekali.

Replika kapal dapat berukuran 8,5 meter dengan lebar 1,7 meter dan bobot hingga 400 kg. Sebelumnya kapal akan disimpan selama semalam di Kuil Eng Hok King untuk diberkati.

Gambar festival bakar Tongkang 2019
Festival Bakar Tongkang (travel.dream.co.id)
Selanjutnya pada acara puncak, yakni pembakaran kapal, orang-orang akan menempelkan kertas berwarna kuning yang berisi doa-doa untuk para leluhur mereka.

Ketika kapal mulai dibakar, para peserta memperhatikan tiang utama kapal akan jatuh menghadap ke arah mana.

Mereka percaya jika tiang utama kapal akan jatuh ke laut, maka rezeki tahun ini akan banyak berasal dari laut.

Kalau tiang utama kapal jatuh menghadap darat atau daerah tempat tinggal, maka rezeki tahun ini lebih banyak berasal dari darat.

Untuk tahun 2019, Festival Bakar Tongkang akan berlangsung pada 28-30 Juni.

Ada yang mau ikut meramaikan?

Banner : airmage.com

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Udah Tahu Apa itu Festival Bakar Tongkang?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel