Begini 5 Cara Mudah Selamatkan Planet Dari Plastik #saveearth #savelife

Gambar ilustrasi membuang sampah pada tempatnya


Saat ini kampanye untuk mengurangi penggunaan plastik sedang maraknya dilakukan oleh pengguna media sosial. Hal tersebut bukan hanya trend semata bagi banyak orang karena nyatanya bumi yang saat ini kita tinggali sedang dalam taraf mengkhawatirkan.


Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa plastik merupakan salah satu sampah yang sangat sulit untuk diurai oleh bakteri di dalam tanah. Benda tersebut membutuhkan waktu yang sangat lama, bahkan bisa menghabiskan seribu tahun agar benda tersebut bisa terurai di dalam tanah. Oleh karena itu, manusia berpikir dengan keras bagaimana cara untuk mengurangi jumlah plastik yang ada di bumi ini.


Hingga detik ini, jumlah plastik yang ada di bumi terus bertambah jumlahnya. Bahkan plastik-plastik tersebut berlabuh hingga kelautan dan menjadi makanan bagi hewan-hewan yang ada di dalamnya yang tentunya sangat berbahaya juga bagi ekosistem laut.


Hal tersebut juga tentunya akan berdampak bagi kelangsungan hidup manusia.

Baca Juga : Manfaatkan Waktu Luang dengan Berkreasi 

Saat ini Indonesia menjadi negara kedua di dunia yang menyumbang sampah plastik terbanyak di lautan, dengan angka taksiran 1,3 ton sampah dikirim ke laut tiap tahunnya.


Dari data yang di rilis oleh lembaga lingkungan hidup, Plos One menyebutkan, bahwa pada tahun 2015 sampah plastik yang mengambang di lautan mencapi 5,2 triliun ton.


Dan baru-baru ini, hal yang semakin mengkhawatirkan adalah bahwa Australia telah menyeludupkan 52 ribu ton sampah ke Indonesia. Oleh karena itu, untuk menyelamatkan negara dan bumi ini kita perlu meminimalisirkan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari.


Tidak perlu berpikir terlalu jauh, 5 cara mengurangi sampah ini, jika dilakukan secara berkelanjutan dan oleh banyak orang, akan memberikan dampak yang sangat baik.


1. Membawa Tas Belanjamu Sendiri Kemanapun


Gambar tas belanja simpel mudah digunakan
tas belanja (www.dekoruma.com) 

Bawa tas belanja kamu kemanapun kamu pergi agar bisa digunakan kapanpun dan pilih tas belanja yang dapat dilipat agar tidak repot.


Saat belanja di minimarket, minta kasir untuk tidak memberikan kantong plastik karena kamu bisa menggunakan tas belanjamu. Walau terlihat hal kecil, tapi efeknya besar lho dalam mengurangi penggunaan plastik, jangan berhenti melakukannya yah!


2. Membawa Botol Minum Kemanapun


Gambar botol minum reusable
mengurangi plastik minuman (www.etsy.com)

Jika kamu hendak keluar rumah, alangkah baiknya kamu membawa botol minum yang terisi air penuh. Karena saat ini sebagian besar bungkus minuman terbuat dari plastik.

Bukan hanya mengurangi sampah plastik, kamu juga bisa menghemat dan hidup sehat dengan tidak membeli minuman di luar rumah.

Baca Juga : Sering Keliru, Inilah 6 Mitos Seputar Kolesterol, Ada yang Kamu Percaya? 

3. Berhenti Menggunakan Plastik Sekali Pakai

Gambar sedotan stainless
sedotan reusable (www.etsy.com)

Saat ini banyak sekali alat makan berbahan plastik yang sekali pakai, seperti sendok, garpu, sedotan dan masih banyak lagi.


Untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, kamu bisa membawa perlengkapan tersebut ke dalam tas kamu.


Saat ini sudah ada sedotan yang Reusable, alias dapat digunakan berulang-ulang.


4. Mendaur Ulang Sampah Plastik

Gambar pot tanaman dari botol bekas
pot dari botol bekas (www.dekoruma.com)

Jika tidak ingin banyak sampah plastik yang menumpuk di rumah atau sekitar lingkungan tempat kamu tinggal . Kamu bisa memanfaatkan untuk didaur ulang dan bahkan bisa sebagai lahan bisnis baru.


Saat ini banyak barang yang terbuat dari sampah plastik seperti tas, keranjang baju, hiasan dinding dan sebagainya, dan tentunya punya harga jual yang lumayan.


5. Membeli Makanan Seperlunya

Gambar mengatur daftar belanja
mengatur daftar belanja (www.dekoruma.com)

Berbelanja secara efektif sebaiknya mulai dilakukan dan diteruskan menjadi gaya hidup yang kita jalankan.

Setiap proses membeli produk tertentu, bayangkan berapa banyak yang mampu kita habiskan dan bayangkan pula banyaknya sampah yang kita hasilkan.

Baca Juga : Insomnia? Hanya Butuh waktu 2 Menit untuk Terlelap

Cara mengurangi sampah dengan sederhana ini mampu membuat indonesia menjadi lebih baik kedepannya.


Meskipun hal tersebut terlihat kecil, jika dilakukan secara berkelanjutan dan oleh banyak orang akan membawa dampak yang baik untuk lingkungan kita.


Yuk mulai dari sekarang, demi bumi yang lebih sehat di masa depan.


Kamu siap? Yuk siapa takut!



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Begini 5 Cara Mudah Selamatkan Planet Dari Plastik #saveearth #savelife"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel