Spot Lain Dari Telaga Warna

Siapa yang tidak tau dengan telaga warna. Semua pasti sudah tau. Destinasi wisata yang satu ini memang terkenal akan keindahan warnanya. Telaga ini memilik warna air yang dapat berubah-ubah. Ada tiga warna khas, yaitu kuning, hijau, dan pelangi.

Telaga warna dieng
(foto : dieng.me)

Warna di telaga ini dapat berubah karena adanya kandungan sulfur. Air pada telaga ini dapat berubah warna jika terkena sinar matahari atau ketika sedang hujan.

Telaga Warna ini merupakan telaga terluas di dataran tinggi Dieng setelah Telaga Menjer. Sebenarnya ada telaga lain di Dieng, seperti Telaga Pengilon, Telaga Merdada, namun yang lebih direkomendasikan untuk dikunjungi adalah Telaga Warna.

Luas Telaga Warna cukup besar, sekitar tiga kali lapangan bola.

Penduduk setempat percaya, bahwa konon ada seorang putri yang ulang tahun, ayahnya sebagai raja ingin memberikan hadiah untuk putrinya berubah kalung emas.

Namun sang putri menolak kalung itu dan melemparnya. Sang raja bersedih, begitu pula para rakyatnya, mereka semua menangis. Dari tangisan itu terbentuklah sebuah telaga yang kini dikenal sebagai Telaga Warna.

Harga tiket

Untuk menikmati keindahan pesona Telaga Warna, Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam, cukup mengeluarkan uang Rp7.000 saja tiap orang. Sedangkan untuk biaya parkir, kalau kendaraan roda dua dikenakan Rp2.000 dan kendaraan roda empat dikenakan Rp5.000. Harga tiket dan parkir ini bisa berubah, apalagi di saat hari libur lebaran dan libur akhir tahun.

Lokasi

Sepertinya untuk lokasi Telaga Warna sudah pada tau ya, yaitu di Dieng Wetan, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke sini. Kalau tidak ada kendaraan pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum, seperti bus jurusan Wonosobo-Dieng.

Spot sekitar Telaga Warna

Untuk melihat keindahan Telaga Warna dengan jelas, Anda bisa naik ke atas batu pandang. Batu tersebut letaknya di atas bukit. Tidak hanya Telaga Warna, Anda juga bisa melihat keindahan Gunung Sindoro dari lokasi ini.

Ditambah juga pemandangan keindahan pegunungan Dieng akan memanjakan mata Anda dan menambah ketakjuban Anda kepada Sang Mahapencipta. Banyak wisatawan yang memilih liat Telaga Warna dari atas bukit karena memang keindahannya luar biasa.

Ada juga Telaga Pengilon yang airnya sangat jernih. Pengilon adalah bahasa jawa yang artinya tempat untuk berkaca. Nama ini cocok untuk telaga Pengilon karena airnya yang memang sangat jernih.

Di tepi Telaga Warna, Anda bisa liat adanya goa, yaitu Goa Semar. Di pintu goa, ada Semar yang sedang memegang kendi.

Masih banyak lagi tempat wisata indah yang dapat kalian kunjungi di Dieng, tidak hanya Telaga Warna saja.

Mungkin sekian pembahasan mengenai Telaga Warna. Kuy menikmati liburan bersama orang tersayang ke negeri di atas awan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Belum ada Komentar untuk "Spot Lain Dari Telaga Warna "

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel